Mineral Botanica Dura-Wear Liquid Foundation, Apakah Cocok untuk Kulit Berjerawat?

Alas bedak atau foundation sudah menjadi item wajib dalam ber make-up. Mulai produk luar negeri maupun lokal berlomba-lomba membuat make-up base dengan kualitas bagus, salah satunya Mineral Botanica.

Mineral Botanica Dura-Wear Liquid Foundation adalah alas bedak lokal yang memiliki tekstur ringan dan mudah diratakan. Foundation ini mempunyai klaim long lasting, waterproof, dan mempunyai coverage yang sempurna. Mempunyai efek oil control, menyamarkan garis-garis halus, pori-pori pada wajah, noda hitam dan warna tidak rata pada wajah juga menjadi klaim produk ini.

Sounds like amazing product, right?


Produk ini dikemas dalam botol kaca frosted tebal dan berat, memiliki tutup glossy warna bronze. Netto produk ini 30g, rata-rata untuk ukuran foundation. Ohh iyah, produk ini juga dikemas dalam kotak kertas, dan sayangnya lupa tidak kefoto.

Bagi pencinta pump, foundation ini mungkin jadi pilihan kalian. Karena foundation ini datang dengan pump yang mudah dipencet dan pas dalam hal mengeluarkan produk.


Foundation ini mempunyai 6 jenis warna atau shades yang tersedia, sayangnya shade yang tersedia kurang gelap dan masih kurang cocok untuk kulit sawo matang. 

Jika kalian lihat gambar swatch diatas dan gambar modelnya, pasti mengira foundation ini gelap bukan? Tapi sayangnya tidak :)

Sebenarnya bisa dilihat dari swatch foto kiri dan foto model kanan, tidak mungkin shade seperti itu masuk pas untuk kulit model kanan yang tan, bener kan?

Untuk postingan review ini aku mengulas shade "tergelap" dalam foundation ini yaitu Honey Bronze (W35). Awalnya ragu memilih shade ini, karena sebenarnya kulitku itu medium agak cerah (untuk saat ini). Melihat dari swatch dan foto model agak takut kegelapan tapi akhirnya beli deh. 

Setelah menunggu dalam beberapa waktu, akhirnya sampai deh produknya. Langsung aku coba nih biar tau cocok apa tidak shade W35 ini dan ternyata...

Shade ini lumayan terang untuk warna "tergelap" selain itu juga kurang warm, dikulitku agak pinkish dan tidak terlihat natural. Awal ketika diaplikasikan, warnanya ada hint warm sedikit dan agak cerah (mirip swatch di official) tapi setelah beberapa menit langsung kayak dibawah ini shadenya...

Warnanya jadi agak menggelap, dan makin pinkish. Ini mirip warna kulitku ketika kena sunburn. Foundation ini cocok banget untuk kalian yang pengen makeup ala - ala kebakar sinar matahari~ cocok untuk summer 🤣 btw, ini swatch ditangan ya.


Kita move ke bagian ingredients produk ini~

Dalam keterangan produk dikemasannya, foundation ini mempunyai kandungan UV filter, anti-acne, antioksidan dan kandungan pelembab.

UV filter

(Titanium Dioxide, Octyl Methoxycinnamate)

Anti-acne

(Niacinamide, Salicylic Acid)

Antioxidant

(Tocopheryl Acetate)

Moisturizing agent

(Butylene Glycol, Propylene Glycol, Glycerin, Sodium Hyaluronate)

Menarik bukan? 😉

Sekarang kita move kedalam bagian terpenting, yaitu ulasan.

Karena masa pandemi gini jarang keluar rumah, jadi mungkin review ini kurang maksimal. Ulasan ini meliputi, waterproof test, coverage test dan wear test. 

Untuk PAO, produk ini mempunyai masa buka selama 1 tahun atau 12 bulan. Foundation ini memiliki hasil akhir semi-matte dikulitku.


WATER-PROOF TEST

Sayang banget untuk test anti-air produk ini kurang begitu bagus, sebenarnya masih cukup oke sih medium lah. Bisa dilihat difoto bawah yang aku kasih tanda bintang itu agak geser kena air.


COVERAGE TEST

Lupa mention diatas, kalau tekstur produk ini lumayan thick tapi tidak terlalu terasa berat dikulit.

Untuk daya cover, foundation ini bisa dibilang full coverage kalau dilihat dari foto diatas, bekas jerawat dan kemerahan tertutupi hanya dengan setengah pump saja~ pori-pori terlihat sama aja sih, malah agak lebih terlihat ya kan?

Untuk under eye foundation ini juga bagus, bantu banget buat cover. Sayangnya shade ini dikulitku agak kegelapan.


WEAR TEST

Kulitku sendiri tipenya kering, kadang dehidrasi, acne-prone dan lil bit sensitive. Dalam wear test beberapa jam ini, aku tidak menggunakan makeup base atau primer maupun bedak. Jadi pure test foundation ini. Ohh iyah cuaca juga cukup terang dan gerah tapi tidak ada keringat yang muncul dimuka 👍.

Foto diatas menunjukkan hasil dari test ini untuk kurang lebih 2 jam. Aku menulis review ini dijam 1.11 PM, dan mulai oksidasi lagi, mirip kayak kena sunburn 😭 dan bekas mulai agak nampak.

Dalam foto sebelah kanan atau di jam 11.23 AM, aku merasa foundation ini jadi lebih cerah, tapi agak cakey dikit (difoto nggak kelihatan) dan bekas mulai menampakkan diri. Tapi anehnya dijam 1.11 PM ini sisa foundationnya malah oksidasi lagi 🤣 bingung kan.

Karena ini masih dalam waktu pandemi, jadi tidak afdol kan kalau tidak test dengan masker. Bisa kalian lihat digambar bahwa produk ini cukup transfer tapi masih dalam batas wajar mengingat ketika memakai ini aku tidak memakai primer atau bedak, suka sih.


Foundation ini menurutku bagus dalam hal oil control, kulitku bukan berminyak tapi sering keringetan, nah pakai ini belum keluar keringat sama sekali. Untuk efek ke pori-pori sih jujur biasa aja standar ala fondi lain lah. Yang bikin kaget, produk ini tidak terasa berat sama sekali dimuka, bahkan aku sampai lupa kalau pakai foundation 🤣.


Kita sudah masuk penghujung post, tidak sangka post ini begitu panjang. Untuk kesimpulanku :

✅ Kemasan yang cantik dan berat.

✅ Coverage yang bagus.

✅ Cukup bagus dalam hal anti air.

✅ Cukup awet diwajah.

✅ Tidak terlalu transfer ke masker.

❌ Pilihan warna masih sangat terbatas, apalagi untuk kulit sawo matang kebawah.

❌ Oksidasi, atau berubah warna. Menjadi lebih gelap sedikit dan kelihatan kusam.

❌ Klaim terlalu wah, membuat orang yang memakai memiliki ekspektasi tinggi terhadap produk ini.


Aku merekomendasikan produk ini jika kalian mencari make-up lokal kualitas bagus, cukup tahan lama dan aman untuk kulit berjerawat (tetep ya kulit setiap orang berbeda, bisa cocok dan tidak).

Jika tertarik, kalian bisa beli produk ini marketplace kesayangan kalian dengan harga Rp. 172,000,- saja.


Terima kasih telah membaca postingan ini, kalau ada produk yang ingin direview silahkan komen atau hubungi aku di Instagram ya 😉 Sampai jumpa minggu depan lagi~


Comments

Post a Comment

  1. Serius bare facemu malah lebih cantik 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. *uhuk* aku liatnya juga gitu wkwkw 🤣 pd aja dulu ya kan

      Delete
  2. Gilaaaaa.. Aku yg bukan pemuja fondi jd pgn beli fondi ini gegara km bang.. Syg kmren gak kd CO eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain pas diskon aja xixixi upcoming review foundation lagi banyak 🤣

      Delete
  3. Makin dibaca reviewnya aku makin tertarik beli yhg shade tergelap kalau diskon wkwkwk.

    Suka pembawaannya ringan banget dan mudah dibaca kaya page mba dessy <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih 💖

      Iyah sayang shade nya kurang banyak, jadi kalau sawo matang atau agak gelap mending shade tergelap, itupun masih keputihan dibeberapa orang

      Delete
  4. Pengen banget cobain ini, next time tunggu diskon gede lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mending beli pas sale aja, anehnya bosenin pakai ini

      Delete
  5. berasa dipermainkan sama shade tergelapnya y. kzl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sis, mending brand lain daripada ini untuk pilihan warna :'

      Delete
  6. pengen cobain tapi aku gatau shade yang pas buat aku :"((

    ReplyDelete
  7. Menunggu review nyx cws fondi wkwk

    ReplyDelete
  8. Ngeliat shadesnya seperti ngga ada yg cocok buatku ._. natural akan keputihan, medium kurang warm, tapi untuk bedaknya si duta wear ini tetep jadi favorit aku walaupun warna ga pas. Aku suka bingung kalo pilih warna complexion, ternyata kalo keliatan kayak abis sunburn artinya itu terlalu pinkish ya

    ReplyDelete
  9. Sayang banget kalo shade tergelapnya masih ngga masuk ke kulit org2 indo ....hmmm

    ReplyDelete

Form for Contact Page (Do not remove it)

Name

Email *

Message *

Latest on Instagram

Latest on Pinterest

Total Pageviews