All About Face Scrub - Emina 2in1 Scrub Mask Review

Pasti kalian sudah pernah dengar kata Exfoliation kan? Atau malah sudah pakai produk ini. Jadi intinya Exfoliation itu adalah pengangkatan sel kulit mati. Yang berguna untuk mencegah kotoran menumpuk di kulit dan juga membantu untuk penyerapan skincare selanjutnya.

Jadi dalam Exfoliation ini, ada dua jenis yaitu Chemical Exfoliation dan Physical Exfoliation. Apa bedanya?


Chemical Exfoliation

Memakai suatu zat kimia pada kulit untuk membantu mengurangi sel kulit mati yang menumpuk pada kulit, biasanya ada kandungan AHA, BHA, Enzymes maupun Retinoids. Hasilnya relatif lebih lama daripada physical exfoliation tetapi worth to try! Menurutku ini bisa untuk maintenance kondisi kulit.

Physical Exfoliation

Sesuai namanya, jenis ini menggunakan benda fisik untuk membantu mengurangi sel kulit mati pada kulit, seperti face scrub, gommage/peeling gel, cleansing tools, face towel etc. Jenis ini mempunyai hasil yang relatif cepat, karena sehabis pemakaian kulit terass halus dan lembut. Tetapi cepat hilang juga.


Menurutku menggabungkan kedua jenis ini itu sempurna, karena kita bisa merasakan hasil lebih dari Chemical Exfoliation dan hasil langsung dari Physical Exfoliation. Sayangnya ada beberapa mitos atau malah misinformation mengenai face scrub, diantaranya face scrub bisa membuat micro tears atau sobekan micro pada kulit dan membuat kulit iritasi. Apakah benar?

Aku tidak sepenuhnya setuju tapi ini ada benarnya, kulit kalian bisa iritasi dengan memakai face scrub jika kalian menggosok kulit dengan agresif dan kasar. Tetapi jika sebaliknya, kalian menggosok kulit kalian dengan gentle maka kalian tidak akan menemukan hal negatif tentang face scrub. Kulitku itu sensitif dan mudah muncul kemerahan tapi ketika memakai scrub tuh jarang iritasi. Ya karena aku gosok dengan lembut walau partikel besar pun jarang bikin masalah.

Untuk masalah microtears, banyak influencer atau orang-orang yang masuk golongan skincare gentle bilang bahwa face scrub membuat sobekan mikro pada kulit dan sebenarnya hal itu tidak terbukti :).

Kasus microtears awal muncul ketika st. Ives dituntut pada tahun 2017 karena dituduh mengakibatkan sobekan mikro pada kulit. Detailnya bisa kalian baca disini. Jika kalian punya waktu silahkan baca disini juga untuk detailnya. 

Intinya, ketika memakai physical exfoliation kalian harus lembut dan jangan agresif. Bahan apapun yang dipakai, halus maupun kasar kalian tetep harus gentle ketika gosok. Microtears bisa terjadi jika kalian terlalu agresif ketika memakai produknya.

Ada yang namanya over-exfoliation, suatu kondisi kulit dimana kulit terlalu sering "dikelupas" atau terlalu sering memakai produk exfoliation. Over-exfoliation bisa terjadi karena physical maupun chemical exfoliator. Jadi pastikan hanya 2-3 kali dalam seminggu saja ketika memakai produk exfoliator.


Beberapa waktu lalu, Emina mengeluarkan produk barunya yaitu face scrub yang surprisingly mengandung walnut. Good job Emina! Tidak takut dengan tren fear mongering yang disebarkan oleh oknum-oknum tertentu mengenai walnut.

Emina sendiri mengklaim scrub ini membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada wajah dan mengandung 5 jenis botanical extract untuk kulit terasa lembab, halus dan kenyal. Let's see later ya apakah klaim ini benar adanya.


Untuk Ingredients, bisa kalian lihat disini :


Produk ini dikemas dalam wadah jar 50mL yang sangat menggemaskan. Jujur saja aku beli ini alasan pertama karena kemasannya 🤣. Ketika tutupnya dibuka, ada lid pelindung dan spatula yang menurutku sangat membantu ketika mengambil produk. 


See? Lucu banget kan!

Scrub ini walau isinya cuman 50mL tapi hemat, pakai sedikit saja sudah cukup dan efektif. Teksturnya hybrid gel-cream gitu mudah diratakan ke kulit juga. Untuk buliran walnut dalam scrub ini juga terbilang medium ya, tidak terlalu kasar dan tidak terlalu halus juga. Ketika dipakai pun nyaman tidak ada rasa perih maupun efek negatif lainnya.


Menurutku beads yang terkandung dalam scrub ini ada berbagai jenis ukuran, bisa dilihat di gambar atas kalau ada yang cukup halus maupun yang agak besar. Sayangnya bau produk ini kurang begitu enak tipikal bau skincare non fragrance gitu. Aku pribadi lebih suka skincare yang ada wanginya, ya lebih enjoy aja ketika dipakai.



APA YANG AKU RASAKAN KETIKA MEMAKAI PRODUK INI?

Yang paling aku rasakan ketika sehabis memakai produk ini adalah rasa halus dan lembutnya. Pastikan kalian ketika memakai produk ini wajah kalian dalam keadaan lembab setelah mencuci muka. Hal ini berpengaruh besar dalam perataan produk maupun rasa.

Inget, gosoknya juga harus pelan ya dengan gerakan memutar. Be gentle please 😉. Hasil yang aku rasakan selain halus dan lembut adalah scrub ini membuat kulitku jadi kenyal dan ketika dibilas tidak membuat kulit makin kering malah cukup kenyal. Untuk mempertahankan kekenyalan kulit ini, sehabis memakai produk ini dan kulit dalam keadaan agak basah maupun lembab karena air kalian harus langsung memakai toner agar kulit tetep terasa lembab. Jangan nunggu kering, nanti kelembaban dan airnya akan evaporasi ke udara~ kulit nanti jadi kering.

Untuk efek ke whitehead maupun blackhead ada cuman tidak terlalu signifikan. Dilihat dari klaim dan rasa, produk ini memang tidak ditujukan untuk hal itu. Dalam mengatasi sel kulit mati, produk ini bisa diandalkan.

Overall aku puas dengan produk ini, menurutku kekurangannya hanya pada baunya saja yang menurutku kurang enak. Selebihnya tidak ada masalah dan aku enjoy saja memakai nya. Ohh iya, aku udah pakai produk ini ± 1 bulan (2 kali seminggu). Jadi aku bisa bilang produk ini bagus, dan aku merekomendasikannya untuk kalian.


Dari bacotan yang panjang ini, intinya ketika mencari panutan dalam skincare tolong cari yang mumpuni dan paham dengan hal itu, karena banyaknya misinformation yang beredar dan kita tidak tau perihal itu. You can check @labmuffinbeautyscience atau @theecowell di Instagram untuk edukasi mengenai skincare yang benar (psst... mereka ada background pendidikan yang mumpuni untuk membahas skincare).


Produk ini bisa dibeli di :

Thanks for reading my post, see you later bye!


Comments

Post a Comment

  1. Pas pertama tau Emina pake walnut aku langsung inget St ives yg diprotes org2 bikin micro tears xD ternyata ngga ya, si Emina ini kayak selai kacang tampilannya, trs packagingnya ngingetin aku sama moisturizer gel latulipe persis ada lid pelindung dan spatula kecil. Next mungkin aku mau coba kalo cari exfo / scrub, sekarang mau ngabisin azarine dulu xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh Azarine ada? Lupa aku wkwkw

      Delete
    2. Ada tapi dia scrub nya ada yg cukup tajam gitu walaupun ga banyak sih kwkw semoga kamu review xD

      Delete
    3. Wih kapan kapan deh nunggu kulit baikan dulu kalau tajam scrubnya 🤣

      Delete
    4. Dikit banget yg tajamnya ini trs karena gede2 jadi bisa disingkirkan xD

      Delete
  2. Wishlist dr kmrn pas di soco bingung😭 makasi ka reviewnya❤ suka bgt ih jelas❤

    ReplyDelete
  3. Lengkap banget sih .. terimaksih sudah me review se detail ini kak . Selalu baik ya 🍃

    ReplyDelete
  4. Selama ada spatula, aku auto cinta sama produknya 🤧🤧
    Banyak banget produk" yg gak ngasih spatula, jadinya kurang higenis 😭😭
    Cuman, sayangnya kurang ngaruh ke komedo, padahal aku tiap beli scrub pasti tujuan utamaku ya buat komedo
    Tapi so far, emang worth to buy sih

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah pakai lip scrub Emina. Kalau saat ini aku lagi pakai Emina face toner dan moisturizer. Aku juga udah beli Emina facial wash tapi belum aku pakai.

    ReplyDelete

Form for Contact Page (Do not remove it)

Name

Email *

Message *

Latest on Instagram

Latest on Pinterest